TUGAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN (Tugas dari Bpk. Udin)

TUGAS POKOK GURU
 LANDASAN YURIDIS antara lain:
 UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas BAB XI tentang Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
 UU RI Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
 PP 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
 PP 74 Tahun 2008 tentang Guru
 Peraturan Menpan Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka kreditnya No…..Tahun 2009
 PENGERTIAN
UU No. 20 Tahun 2003, psl 39 ayat (20): Pendidik merupakan tenaga Profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan,….
PP 74 tahun 2008: Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing,mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah

 KOMPETENSI DAN SERTIFIKASI: PP 74 Tahun 2008 Pasal 2 dan 3
Guru wajib memiliki Kualifikasi Akademik, kompetensi,Sertifikat Pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
 Kompetensi merupakan seperangkat pengetahuan, keterampilan,dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dikuasai, dan diaktualisasikan oleh Guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalan

 KOMPETENSI PEDAGOGIK
Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan Guru dalam pengelolaan pembelajaran peserta didik yang sekurang -kurangnya meliputi:
a. pemahaman wawasan atau landasan kependidikan;
b. pemahaman terhadap peserta didik;
c. pengembangan kurikulum atau silabus;
d. perancangan pembelajaran;
e. pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis
f. pemanfaatan teknologi pembelajaran
g. evaluasi hasil belajar; dan
h.pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yangdimilikinya.

 KOMPETENSI KEPRIBADIAN
Kompetensi Kepribadian sekurang-kurangnya mencakup kepribadian yang
beriman dan bertakwa; berakhlak mulia; arif dan bijaksana; demokratis; mantap; berwibawa; stabil; dewasa; jujur; sportif; menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat; secara obyektif mengevaluasi kinerja sendiri; dan mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan.

 KOMPETENSI SOSIAL
Kompetensi sosial merupakan kemampuan Guru sebagai bagian dari Masyarakat yang sekurang-kurangnya meliputi kompetensi untuk:
a. berkomunikasi lisan, tulis, dan/atau isyarat secara santun;
b. menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional;
c. bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, pimpinan satuan pendidikan, orang tua atau wali peserta didik;
d. bergaul secara santun dengan masyarakat sekitar dengan mengindahkan norma serta sistem nilaiyang berlaku; dan
e. menerapkan prinsip persaudaraan sejati dan semangat kebersamaan.

 KOMPETENSI PROFESIONAL
Kompetensi profesional merupakan kemampuan Guru dalam menguasai pengetahuan bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dan budaya yang diampunya yang sekurang-kurangnya meliputi penguasaan:
a. materi pelajaran secara luas dan mendalam sesuai dengan standar isi program satuan pendidikan, mata pelajaran, dan/atau kelompok mata pelajaran yang akan diampu; dan
b. konsep dan metode disiplin keilmuan, teknologi, atau seni yang relevan, yang secara konseptual menaungi atau koheren dengan program satuan pendidikan, mata pelajaran, dan/atau kelompok mata pelajaran yang akan diampu.

 Pengembangan dan Peningkatan Kompetensi Guru psl 48 PP 74 Tahun 2008
(1) Dilakukan melalui sistem pembinaan dan pengembangan keprofesian Guru berkelanjutan yang dikaitkan dengan perolehan angka kredit jabatan fungsional.
(2) Kegiatan untuk memperoleh angka kredit jabatan fungsional diperoleh Guru sekurang-kurangnya melalui:
a. kegiatan kolektif Guru yang meningkatkan kompetensi dan/atau keprofesian Guru;
b. pendidikan dan pelatihan;
c. pemagangan;
d. publikasi ilmiah atas hasil penelitian atau gagasan inovatif
e. karya inovatif;
f. presentasi pada forum ilmiah;
g. publikasi buku teks pelajaran yang lolos penilaian oleh Badan Standar Nasional Pendidikan;
h. publikasi buku pengayaan;
i. publikasi buku pedoman Guru;
j. publikasi pengalaman lapangan pada pendidikan khusus dan/atau pendidikan layanan khusus; dan/atau
k. penghargaan atas prestasi atau dedikasi sebagai Guru yang diberikan oleh Pemerintah atau Pemerintah Daerah

 BEBAN KERJA (Psl 52 PP 74 Thn 2008)
(1) Beban kerja Guru mencakup kegiatan pokok:
a. merencanakan pembelajaran;
b. melaksanakan pembelajaran;
c. menilai hasil pembelajaran;
d. membimbing dan melatih peserta didik; dan
e. melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada pelaksanaan kegiatan pokok sesuai dengan beban kerja Guru.

(2) Beban kerja Guru paling sedikit memenuhi 24 (dua puluh empat) jam tatap muka dan paling banyak 40 (empat puluh) jam tatap muka dalam 1 (satu) minggu pada satu atau lebih satuan pendidikan yang memiliki izin pendirian dari Pemerintah atau Pemerintah Daerah. Pemenuhan beban kerja paling sedikit 24 (dua puluh empat) jam tatap muka dan paling banyak 40 (empat puluh) jam tatap muka dalam 1 (satu) minggu dilaksanakan dengan ketentuan paling sedikit 6 (enam) jam tatap
muka dalam 1 (satu) minggu pada satuan pendidikan tempat tugasnya sebagai Guru tetap

 URAIAN TUGAS GURU MATA PELAJARAN/GURU KELAS
Merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran yang bermutu, menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran, membimbing dan melatih peserta didik, melaksanakan tugas tambahan.

 UNSUR DAN SUB UNSUR KEGIATAN GURU (DRAFT REVISI KEPMENPAN NOMOR 84/1993
1. Pendidikan,…..dst
2. Pembelajaran/bimbingan dan tugas tertentu, meliputi:
a. Proses pembelajaran
b. Proses bimbingan;
c. Melaksanakan tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah dan madrasah

3. Pembinaan dan pengembangan keprofesian berkelanjutan (CPD)
a. Kegiatan kolektif guru untuk meningkatkan kompetensi dan/atau profesional guru;
b. Pendidikan dan pelatihan
c. Pemagangan;
d. Publikasi ilmiah atas hasil penelitian atau gagasan inovatif;
e. Presentasi pada forum ilmiah
f. Publikasi buku teks pelajaran (penilaian BSNP)
g. Publikasi buku pengayaan
h. Publikasi buku pedoman guru
i. Publikasi pengalaman lapangan pa pendidikan khusus dan/atau pendidikan layanan khusus dan/atau
j. Penghargaan atas prestasi atau dedikasi sebagai guru yang diberikan oleh pemerintah atau pemerintah daerah

 Penunjang Tugas Guru:
a. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat/kegiatan sosial kemasyarakatan;
b. Mendapat gelar yang tidak sesuai dengan bidang yang diampunya;
c. Penghargaan atas prestasi atau dedikasi sebagai guru yang diberikan oleh pemerintah atau pemerintah daerah, dan
d. Kegiatan pendukung lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s